Perpro Kelompok 315

PELAKSANAAN PROGRAM

Sesuai dengan penjelasan yang terdapat dalam perencanaan partisipasif dan sinergi program, beberapa program akan dijelaskan pelaksanaannya dalam siklus selanjutnya yaitu Pelaksanaan Program. Pada tahap ini, semua pihak terlibat dalam kegiatan pelaksanaan program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing panitia. Beberapa program yang sudah dirancang dan diprogram oleh masyarakat dan pihak SPP akan terlihat sejauh mana program tersebut sudah berjalan

Dari beberapa program yang akan dikembangkan, program pertama yang sudah dilaksanakan dan disetujui adalah penanaman beberapa jenis tanaman sebagai salah satu perwujudan dan upaya dalam program pengembangan lahan. Beberapa tanaman yang sudah ditanam seperti jagung, kentang, kacang tanah, dan lain sebagainya. Lahan yang sudah digunakan untuk tanaman tersebut kurang lebih seluas 20 Ha yang terbagi menjadi 9 Ha untuk tanaman jagung, 7 Ha untuk tanaman kentang, dan 4 Ha tanaman kacang tanah dan jenis lainnya. Dalam menjalankan program penanaman tanaman dan pengembangan lahan, tentu saja yang dibutuhkan adalah banyaknya petani dan penggarap agar bekerja sama dalam mewujudkan program tersebut. Sejauh ini, dari hasil panen tanaman-tanaman bisa dibilang memuaskan dan cukup menguntungkan sehingga dapat menutupi modal pertama yang sudah dikeluarkan. Selain itu, hasil dari panen tersebut juga dapat mencukupi biaya hidup sehari-hari para penggarap dan keluarganya.

Banyaknya warga yang tidak memiliki pekerjaan tetap memang menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi program pengembangan lahan tersebut. dengan dibukanya lahan dan dikembangkannya lahan dengan ditanami berbagai jenis tanaman membuat warga antusias dalam meelaksanakan program itu. Karena dari hal tersebut warga yang tadinya tidak memiliki pekerjaan menjadi punya pekerjaan sehinggan mereka bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tersebut untuk menafkahi keluarganya.

Selanjutnya yaitu penanaman pohon pisang cavendish menjadi prioritas program yang rencananya akan dibudidayakan dilahan seluas 100 Ha. Perencanaan penanaman pohon pisang cavendish ini direncanakan oleh pihak SPP (Serikat Petani Pasundan) sebagai bentuk pemberdayaan lahan perkebunan yang masih kosong dan menjadi program pemberdayaan bagi para petani guna menunjang kehidupan yang sejahtera.

program yang sudah berjalan adalah mengenai penyuluhan. Penyuluhan kepada para petani mengenai tata cara berkebun yang baik dan benar yang akan meningkatkan bentuk kualitas dan kuantitas hasil perkebunan merupakan program prioritas utama yang telah disepakati untuk dilaksanakan karena penyuluhan pertanian ini dianggap sebagai suatu kebutuhan dalam meningkatkan pengetahuan para petani dalam menggarap dan memelihara tanaman perkebunannya. Penyuluhan kepada para petani mengenai tata cara bartani akan dilakukan oleh pihak SPP sebagai pihak yang menaungi lahan perkebunan ini, penyuluhan tersebut direncanakan akan dilakukan secara pararel dalam rentang waktu seminggu sekali agar perkembangan dari kegiatan berkebun dapat selalu terpantau oleh pihak SPP, sehingga bentuk output yang dihasilkan akan terlihat memuaskan dan pencapaiannya dapat langsung dirasakan oleh para petani.

Penulis             : kelompok 315

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s