Monev Kelompok 315

Monitoring Evaluasi Kelompok 315

Monitoring Evaluasi program adalah suatu unit atau kesatuan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan segala bentuk informasi dan inovasi, yang akan direalisasikan juga sebagai implementasi dari suatu kebijakan, yang berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan 9 Rw, di Desa Sinartanjung,Kecamatan Pataruman,Kota Banjar.

Evaluasi program, bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan. Selanjutnya, hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan atau tindak lanjut untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Evaluasi  sama artinya dengan kegiatan supervisi. Kegiatan evaluasi/supervise, menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan solusi, yang selanjutnya akan mengerucut menjadi keputusan atau penindak lanjutan dari seluruh program yang telah dilaksanakan.

Manfaat dari evaluasi program dapat berupa penghentian program, merevisi program, melanjutkan program, dan menyebarluaskan program. Berdasarkan hasil riset lapangan dari kelompok kami, mentoring dan evaluasi mengenai lahan pertanian secara teknis sudah terlaksana dengan baik, dengan meningkatnya kinerja dilapangan yang tertata secara administrative. Meski banyak program yang di canangkan, namun baru beberapa program saja yang bisa terealisasi secara produktif dan program yang lainnya masih dalam tahap perkembangan, baik itu pekerjaan secara teknis maupun hal lainnya.

Seiring berkembangnya waktu, sejauh ini lahan pertanian yang kami garap sudah mencapai tahap maksimal, juga adanya respon positif dan antusias dari para penggarap lahan pertanian tersebut. Dengan keyakinan dan tekad yang kuat,para petani tetap rendah hati untuk menerima masukan dari siapapun, bahkan mereka membutuhkan bimbingan, guna untuk mendorong semangat juang mereka, untuk tetap mempertahankan hak-hak para penggiat lahan.

Maka dari itu, untuk menciptakan suasana yang nyaman,  kondusif serta konsisten para penggarap lahan pertanian tersebut membutuhkan segala bentuk dukungan secara penuh, baik dari masyarakat luas,lembaga pertanian,pemerintah desa maupun pemerintah pusat, untuk tetap mempertahankan lahan pertanian yang mereka garap, dengan memperhatikan procedural secara terstruktur dan terorganisir.

Perjuangan para penggarap lahan pertanian, tidak semata-mata bertujuan meningkatkan perekonomian untuk individu, melainkan mereka terbentuk dalam sebuah system yang kuat, dengan orientasi mensejahterakan masyarakat secara universal melalui tanah milik pemerintah yang tidak terurus. Tidak hanya itu, mereka tetap konsisten mengikuti procedural yang diberlakukan oleh Kementrian terkait, skema demi skema pun mereka lalui untuk tetap memperjuangkan hak-hak dan pemanfaatan lahan yang tadinya tidak terurus menjadi lahan yang produktif, dengan ditanami berbagai tanaman yang bisa menghasilkan profit bagi mereka para penggarap lahan tersebut.

Berbagai inovasi maupun penambahan wawasan mengenai lahan pertanian terus mereka cari, dengan alasan untuk tetap menjaga produktifitas lahan agar menjadi lahan yang bisa ditanami berbagai varietas tanaman, supaya bisa mrenjadi solusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Penulis : Kelompok 315

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s