Bersama Karang Taruna

Bersama Karang Taruna

Organisasi masyarakat merupakan wadah untuk menampung dan mengatur aspirasi masyarakat dalam melakukan kegiatan atau acara besar. Salah satu organisasi yang ada di desa Sinartanjung adalah Karang Taruna Artabaya. Karang taruna merupakan wadah organisasi bagi anak muda yang ada di desa Sinartanjung untuk menjadi lebih produktif.

Pada hari Minggu 19 februari 2017 hari dimana  Desa Sinar Tanjung mengadakan acara Reggae. Pihak yang mengadakan acara tersebut adalah pihak EO ( event organizer ) dan anggota Komunitas Banjar. Sebelum acara tersebut dilaksanakan pihak EO dan  anggota Komunitas meminta izin kepada anggota Karang taruna Desa Sinar Tanjung, yang Alhamdulillah pihak anggota Karang taruna memberikan izin untuk mengadakan acara Reggae.

Kang Asep sebagai Ketua Karang taruna mengajak kepada anak-anak KKN untuk ikut serta menjadi Panitia dalam menyukseskan acara tersebut. Mahasiswa KKN yang masuk kepanitiaan yaitu : Neng Sri, Muhammad Jalaludin, Muhammad Jamil F, Muhamad Yusup, Fahmi Fahrul Dzikri, Mulki Muhammad Rifa’, Naofal Sidqi Al-Farisi. Karang taruna membagi kepanitiaan kepada 4 bagian diantaranya; Pengamanan, Kebersihan, Tiket, dan Panggung.

p_20170219_092114

Pengamanan yang dilakukan bertujuan  untuk mengamankan remaja (penonton) yang mengacaukan atau menggagalkan acara tersebut. Panitia  Kebersihan bertugas untuk merazia remaja ( penonton ) yang memakai aksesoris berbahaya, membawa minum-minuman keras,dan faktor lain yang dapat mengganggu keberlangsungan acara. Panitia di kebersihan berhasil mendapatkan barang yang dirazia dari remaja (penonton) tersebut yaitu: minuman ciu, tuak, dan anggur merah. Pengamanan ini juga didukung oleh pihak kepolisian yang diutus polres banjar untuk mengamankan acara ini. Selain itu, dari TN juga ikut terlibat mengamankan acara tersebut.

p_20170219_093106

img_0766-copy

Dalam penjualan Tiket, panitia acara menjual tiket dengan kisaran harga Rp. 20.000,- dengan bonus es krim 1 cup. Namun pada faktanya, para remaja masih melakukan penawaran harga. Pembelian tiket pada tingkat remaja tidak bisa diubah, ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dikalangan remaja. Berbeda dengan orang dewasa yang melakukan pembelian tiket secara berkelompok dapat dengan mudah mendapatkan potongan harga.

Panitia yang bertugas berada diarea panggung harus mengamankan wilayah area panggung. Karena ditakutkan ada penonton yang akan naik panggung dan merusak acara. Selain itu, pengaturan dan pertunjukan dikondisikan dan diatur oleh panitia.

img_0749

Acara reggae berlangsung dari pukul 09.00 WIB dan selesai pada pukul 17.00 WIB. Pada saat berlangsungnya acara, ada beberapa keributan yang ditimbulkan oleh penonton. Namun, panitia dapat menyelesaikan dan mengamankan keributan tersebut hingga acara selessai. Setelah berlangsungnya acara tersebut, panitia langsung melakukan evaluasi acara agar dapat dipertanggungjawabkan. Untuk bidang kebersihan, panitia melakukannya pada esok hari. Pihak panitia karang taruan melakukan operasi kebersihan dibantu oleh peserta KKN SISDAMAS 2017.

Narasumber : Rosdiana Maspupah, Neng Sri, Muhammad Jalaludin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s