Monev Kelompok 095

Monitoring Evaluasi Kelompok 095

Siklus terakhir dari KKN SISDAMAS 2017 adalah evaluasi dari hasil perencaaan dan sinergi program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat desa Sinartanjung. Setelah dilakukan program yang sesuai dengan perencanaan, terdapat hasil  yang dapat dievaluasi. Dari produksi batu bata merah terdapat hasil evaluasi bahwa proses produksi tetap berjalan seperti biasanya dan pembentukan organisasi masyarakat tidak dapat dilakukan.

Ada beberapa hambatan dalam melakukan organisasi masyarakat batu bata. Hambatannya antara lain masyarakat yang sulit bekerjasama antara pengepul, terlalu besar modal yang harus disediakan untuk para pengelola  batu bata karena bisa mencapai milyaran. Terhitung dar modal Rp. 10.000.000,- sampai dengan Rp. 15.000.000,-. Terhambat dalam proses pemasaran, karena setiap pengepul sudah mempunyai toko bangunan sebagai langganannya masing-masing. Sebenarnya ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat apabila mau melakukan sentralisasi produksi batu bata merah. Manfaat yang bisa didapatkan diantaranya pengelolaan polusi udra (hasil pembakaran) dapat diatur, biaya angkut bahan baku akan hilang, dan lain-lain. Dengan demikian, organisasi masyarakat batu bata merah tidak bisa dibuat.

Perencanaan dan pelaksanaan program yang lainnya adalah pada bidang pepaya California. Masyarakat melakukan tumpang sari, yaitu penanaman pertanian lain berupa terong, cabe rawit, jahe merah, dan labu madu. Setelah pelaksanaan program tersebut, diperoleh hasiil dari uji coba tersebut bahwa penanaman terong dihentikan karena menimbulkan hama baru untuk pepaya sedangkan yang lainnya tetap berlanjut.

Penulis : Kelompok 095

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s