Bukan Senam Biasa

Bukan Senam Biasa

Jumat pagi mahasiswi KKN 205 sudah harap-harap cemas menunggu kepastian, kepastian dari siapa kira-kira? Dari si dia? Bukan lagi. Ini kepastian dari ibu Uu ketua KWT Dewi Sinta. Agenda pagi Mahasiswa KKN kelompok 205 ya memenuhi janji ajakan Ibu Uu Masrinah ketua KWT Dewi Sinta untuk ikut OTW Situ Leutik di Cibeureum Banjar. Nah, bagi yang belum tahu apa itu KWT check it out yuk..

KWT itu singkatan dari Kelompok Wanita Tani, khusus RW 6 nama dari KWT nya itu Dewi Sinta. Entah apalah arti dari nama tersebut kami belum sempat menanyakannya secara khusus, mungkin bisa jadi itu maknanya sekelompok wanita tangguh (dewi) yang berasal dari Sinartanjung atau (sin = sinar & ta = tanjung) ya begitulah kurang lebih tebakan dari kita.

1

Nampaknya KWT Dewi Sinta menjadi satu-satunya perwakilan dari Desa Sinartanjung untuk menghadiri acara senam pagi sekota Banjar. Padahal di desa ini ada sembilan RW maka itu artinya ada sembilan KWT pula karena setiap RW mempunyai satu KWT masing-masing.

By the way acara senam KWT sekota Banjar ini dilaksanakan tanggal 17 februari 2017 kira-kira pukul 08.30 WIB. Tidak ada suudzon berlebih kecuali keluhan cuaca Banjar yang panasnya bisa terasa sangat menyengat. Mengenai bayangan acara senam ya monoton sekedar senam saja, tapi ternyata lumayan diluar ekspektasi, seru sekali, kocak, heboh, puas banget ketawa bersama ibu-ibu KWT sekota Banjar gara-gara konten acaranya seru abis. Run down acara :

  • Pendaftaran peserta/KWT
  • Absen
  • Senam
  • Ice breaking
  • Games antonim dan maju mundur cantiiik.. (kekompakan, ketangkasan, konsetrasi, kepercayaan)
  • Door prise uang tunai sebesar Rp.1.000.000,- (bagi kelompok pemenang games)

Usia tidak membatasi bagaimana caranya untuk mendapatkan kebahagiaan walaupun dengan cara yang sederhana. Jujur saja perbedaan usia para mahasiwa dan ibu-ibu KWT itu cukuplah jauh, tapi semangat mereka tak pernah sedikitpun surut. Meski cuaca Banjar yang saat itu begitu cerah dan sangat teramat panas bayangkan saja 300C kami berdiri dan tak jarang juga berlari di lapangan depan Situleutik yang menjadi saksi bisu akan begitu bahagianya para peserta KWT saat itu.

Permainan ice breaking yang ringan namun penuh makna membuat para mahasiswa dapat dengan mudah untuk bergabung dan mengenal para ibu-ibu KWT dari Desa lain seperti Langensari, Banjar, Raharja, Jajawar, Kujangsari, Mulyasari dan masih banyak lagi. Game yang bertemakan cari pasangan dengan menggunakan kata ojek yang berarti 2 orang, becak 4 orang , dan lampu merah 3 orang ini berhasil membuat semua peserta terawa lepas bingung mencari pasangan dan tak ayal mebuat peserta saling peluk dan saling tari-menarik satu sama lain meski pada dasarnya mereka tidak saling mengenal.

2

Games inti di acara ini adalah games tentang antonim yang dimana para peserta beserta mahasiswa harus melakukan gerakan yang berlawanan dengan apa yang disebutkan oleh bapa panitia. Di games ini bu walikota senidiri ikut terjun dan bergabung beserta para KWT. Ada yang hampir kita lupakan bahwa disaat kedatangan bu Walikota semua anggota KWT dengan semangatnya menyanyikan lagu mars KWT yang cukup unik dan bermakna karena nada yang digunakan untuk mars tersebut sedikit sama dengan lagu talak.

Selesai acara para anggota KWT Sinartanjung mengajak para mahasiswa makan di atas pick up yang mereka tumpangi. Dengan kesederhaan yang tak begitu mewah tapi berkah, suasana makanpun begitu nikmat apalagi teruntuk mahasiswa yang menerima makanan itu gratis. Selesai makan tak lama hanya berselang beberapa menit darisana para mahasiswa meminta ijin untuk keliling situ yang cukup luas dan indah. Dan setelah berakhirnya perjalanan para mahasiswa keliling situ berakhir pulalah perjalan para ibu KWT. Jam 11.00 kami pulang dengan hati riang, perut kenyang dan rasa kekeluargaan yang kami dapatkan. Sampai di Desa kami sepatkan untuk berfoto bersama di Bale Desa sebagai penutup akan kebersamaan seharian ini.

Penulis: Rika Marsita, Nurul Aisyah, Rima Rahmatunnisa, Robiatul Adawiyah (205)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s