Orgamas Kelompok 205

Pengorganisasian Masyarakat Kelompok 205

img-20170224-wa0035

Refleksi dan Pemetaan Sosial yang telah dibahas sebelumnya, sekarang kita sudah masuk kepada tahap Orgamas. Dimana orgamas yang dimaksud di sini adalah sebuah paguyuban atau perhimpunan atau memanfaatkan  organisasi atau lembaga yang sudah ada di masyarakat dari itu sendiri. Alhamdulillah di RW 06 sendiri sudah terbentuk suatu Orgamas yang berhubungan dengan permasalahan masyarakat RW 06 yaitu dibidang pertanian.

GAPOKTAN adalah sebuah singkatan dari Gabungan Kelompok Tani. GAPOKTAN sendiri berdiri atas keinginan para petani di Desa Sinartanjung pada 17 Januari 2010 yang dipelopori oleh 5 kelompok tani dewasa diantaranya tani dewasa warga mekar, tani dewasa Giri Mulya, tani dewasa Sinargalih 1-3. taruna tani dan KWT (kelompok wanita tani).

Salah satu tujuan di dirikannya GAPOKTAN adalah sebagai wadah untuk berembugnya para petani di Desa Sinartanjung dan membina para kelompok tani yang ada di Desa Sinartanjung. Adapun struktur organisasi dari GAPOKTAN sendiri diantaranya:

screen-shoot-copy

GAPOKTAN sendiri tokoh yang memiliki peran penting adalah orang yang telah memahami kondisi GAPOKTAN dari awal berdiri hingga saat ini yaitu bapak Sarwan selaku ketua dan bapak Hendra selaku sekertaris GAPOKTAN itu sendiri. GAPOKTAN terdiri dari beberapa sub-sub diantaranya LDPM (Lembaga Distribusi Pupuk Masyarakat), PUPM, POKJA, PUAP. GAPOKTAN pada tahun 2011 mendapatkan penghargaan dari KEMENTAN  dan pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat.

Dari permasalahan masyarakat RW 06 dan peran GAPOKTAN memiliki hubungan dibidang pertanian, dimana masyarakat memiliki harapan untuk hidup sejahtera namun mereka sendiri belum mempunyai pola pikir yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan tersebut. Disisi lain GAPOKTAN sendiri memiliki program untuk dapat merubah pola pikir para petani agar bekerja sesuai SOP (Standar Oprasional Prosedur) yang secara hasil lebih menguntungkan para petani.

Sesuai dengan peran kita sebagai mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) SISDAMAS 2017 yang memiliki tugas sebagai Fasilitator, di sini kita akan mencoba untuk mempertemukan GAPOKTAN dengan para petani supaya program GAPOKTAN dan harapan petani untuk sejaktera dapat terlaksana.

screen-shoottt-copy

(Rima Rahmatunnisa, Mia Rosmiati, Achmad Bachtiar, Muhammad Jalaludin, 205)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s