Upacara Hari Ulang Tahun Kota Banjar Ke 14

Upacara Hari Ulang Tahun Kota Banjar Ke 14

20 Februari 2017 menjelang hari ulang tahunnya yang ke-14, pemerintahan  Kota Banjar melaksankan upacara di taman kota lapang bhakti. Berbagai elemen masyarakat diundang untuk menghadiri upacara tersebut diantaranya pelajar, mahasiswa, PNS, KAPORLES, TNI, ulama dan ormas. upacara dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Dalam susunan pelaksanaan upacara terdiri atas beberapa rangkaian acara antara lain:

  1. Penyebutan penghargaan untuk kota banjar selama periode pemerintahan wali kota
  2. Menyanyikan lagu nasional dan tradisional oleh tim paduan suara dari pelajar SMP.
  3. Inti pelaksanaan upacara HUT Kota Banjar yang ke 14.
  • Mengheningkan cipta
  • Pembacaan pancasila dan UUD 1945
  • Amanat Pembina Upacara

2

Dalam penyampaian amanat upacara Wali Kota Banjar menyampaikan beberapa pesan, yaitu: kita harus mampu berintropeksi dan selalu berkarya untuk Kota Banjar.

Kota Banjar dibagun dengan berbagai fasilitas dan kebijakan.

Tema:  “ Tigin ngawangun geusan karaharja warga lahir bathin”

Yang artinya semangat membangaun untuk mensejahterakan masyarakat  banjar lahir dan batin. Dengan ini mayarakat kota banjar dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan pembangunan dan mengkokohkan pondasi yang akan  datang menjadikan landasan.

 Visi:

Dengan iman dan taqwa kita wujudkan masyarakat kota banjar yang agamis, harmonis, sejahtera menuju banjar agropolitan. Dan untuk mewujudkan visi tersebut kota banjar mengemban 4 misi yaitu:

Dalam meningkatkan visi pertama stategi pembangunan yang ditempuh meningkatkan kealitas pendidikan melalui pendidikan gratis ke jenjang SLTA dalam program banjar cerdas, menciptkan balai pelatihan kerja, Bantuan dalam bidang kesehatan(puskesmas, dibiyayai oleh pemerintah, kartu nbanjar sehat, pelayanan publik diperuntukan masyarakat tidak mampu. Dibaiayai oleh pemerintah baik di RSUD, maupun perujukan ke RSU Provisnsi. Pembanguna puskesmas dan tempat perawatan diantaranyapuekesmas pataruman II puskesmas Ponep, yang tergabung dari beberapa inovasi yaitu candu asmara (yaitu inovasi menuju masyarakat sehat kelurahan mekarsari dan pada tahun 2016 mendapatkan penghargaan 99 inovasi pelayan publik, dari menteri pemberdayaan pendayaan gunaan aparatul dan revormasi birokrasi, kemudian inovasi RW Raja hideng masyarakat mewujudkan hijau dan bersih, merupakan pengembangan RW siaga aktif yang merupkan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatakan kemampuan, kemauan, kemandirian untuk mengatasi kesehatan secaara mandiri. Program ini selain menyentuh aspek kesehatan juga aspek ekonmi.

  1. Meningkatkan Sumber daya Manusia seperti sekolah gratis, puskesmas gratis
  2. Pertumbuhan ekonomi kota Banjar

Pemerintahan kota banjar membangun pasar yang berada di Langensari dan pasar karangtaruna di Kota Banjar.mengambangkan potensi wisata dikota Banjar diantaranya Situ Leutik, Curug Panganten, Situ Mustika, Bukit Tunjangan, dan masih banyak yang lainnya yang harus digali potensinya, agar bisa menarik inventasi daerah ditunjang juga dengan inovasi perijinan cepat, biaya yang terjangkau. pada tanggal 30 mei 2016, Kota Banjar mendapatkan penghargaan invesmen dalam pelayanan terpadu kota terbaik ke tiga se-Indonesia.

     3. Kualitas lingkungan hidup

Pemerintah membanngun air minum pedesaan, sumur bor artesis, pembanguna mck komunal sebanyak 15 buah. Ini untuk membantu masyarakat yang belum memiliki saran air bersih. Terutama untuk kebuthan di pesantren-pesantren. Pembangunan rumah tidak layak huni, bagi masyrarakat yang tidak mampu, sebanya 640

Pembangunan ruang terbuka hijau di empat lokasi. Dengan kebijakan-kebijakan tersebut. Pada tanggal 22 Juli 2016 Kota Banjar mendapatkan penghargaan dalam bidang lingkungan hidup yaitu penghargaan adipura kirana dari Kementrian Lingkungan Hidupdan Kehutan Republik Indonesia.

      4. Kesadaran akan penegakan hukum

Langkah yang ditempuh pemerintah diantaranya meningkatakan kesadaran bangsa terhadapa kepatuhan hukum. Melalui berbagai kegiatan yaitu sosialisasi peraturan perundang-undangan. Meningkatkan kapasitas aparat, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat dibidang pemerintahan dan hukum. Pada tanggal 8 Desember 2016 pemerintah Kota Banjar mendapatkan penghargaan kora peduli hukum dan HAM dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pada tanggal 31 Januari 2017 pemerintah Kota Banjar juga melakukan inovasi, dibidang pelayan administrasi dan data kependudukan. Pelayanan tersebut bisa dilakukan dalam satu hari yaitu Pandusari. Pada tanggal 24 Agustus 2016 mendapatkan penghargaan atas pencapaian target pencatatan akte kelahiran dari Direktur Jendaral Republik Indonesia. Realisasi Visi dan Misi bukan hanya tugas pemerintah saja tapi juga seluruh masyarakat Kota Banjar.

4

Di akhir kegiatan, acara berlanjut dengan tarian ronggeng gunung yang langsung di pimpin oleh walikota Banjar, Hj  Ade Uu Sukaesih bersama wakilnya, H Darmadji. Suara tabuhan gamelan, gong, dan kendang pertanda pertunjukan dimulai. Kawih sinden pun menambah nuansa energi pemikat para pendengar, diringi penari-penari cantik ibarat putri kerajaan. Ibu walikota pun memberikan wejangan kepada masyarakat sekitar “ini adalah buadaya kita yang harus di lestarikan. Generasi kita masih banyak yang tidak mengetahui dari tradisi sunda. Jati diri kita adalah sunda, kita tidak bisa naif saat hentakan kendang mampu membuat saya dan pak wakil menari larut bersama masyarakat.

Beliau berharap, ulang tahun ke-14 kota Banjar, jiwa serta jati diri masyarakat sebagai “urang sunda” tidak ditinggalkan. Bahkan dirinya berharap, kebudayaan serta adat istiadat sunda terus dikenalkan kepada anak bangsa. Karena jika sekedar melestarikan tanpa mengenalkan tidak akan tersampaikan. “saya bangga jadi orang banjar dengan banyak ragam budayanya. Ini harus kita kenalkan pada anak kita agar budaya sunda terus terjaga”.

3

Penulis : Ulya, Mia, Badriah, M. Nasrudin, Yusuf, Irfan (Kelompok 095, 205, 315)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s