Rembug Warga Kelompok 315

Rembug Warga

Pelaksanaan KKN Sisdamas 2017 dilakukan berdasarkan siklus. Pada tahap awal pelaksanaannya mahasiswa diperintahkan untuk melaksanakan Sosialisasi Awal dan Rembug Warga, Refleksi Sosial dan Pemetaan Sosial. Soswal dan Rembug Warga (RW) merupakan proses awal dari pengejawantahan pembangunan partisipatif, karena masyarakatlah yang berhak untuk menentukan apakah mereka akan melakukan upaya penanggulangan masalah sosialnya sendiri. Untuk melaksanakan tahap awal tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengunjungi Kepala Dusun, Kepala RW dan Kepala RT setempat.

Untuk Rembug Warga ini, peserta KKN dari 3 kelompok dibagi kedalam 3 RW, diantaranya RW 05, RW 06, dan RW 07. Kelompok KKN 315 mendapatkan bagian untuk RW 07. Peserta KKN mengunjungi rumah Ketua RW 07 yang berada di Dusun Pananjung Timur dengan jalan Door to Door karena jika dikumpulkan semua akan sulit untuk ditemui berdasarkan pengalaman sebelumnya. Beberapa peserta KKN mengajukan beberapa pertanyaan mengenai Potensi yang ada di RW 07 tersebut, kendala-kendala, program-program ke depan yang akan berjalan, juga keluhan dari masyarakat.

img-20170218-wa0014

RW ini terdiri dari 4 RT diantaranya RT 28, RT 29, RT 30, dan RT 31. Pada hari Selasa tanggal 14 Februari Kelompok 315 baru melakukan rembug warga ke RT 30 dan 31 dan sisanya akan dilaksanakan di hari hari selanjutnya. Untuk permasalahan pertama yang peserta KKN dapatkan dari RW 07 yaitu mengenai tempat pembuangan sampah yang tidak tersedia, jadi masyarakat hanya membakar sampah untuk mengurangi sampah-sampah yang ada di kawasan terebut, sehingga dapat menimbulkan polusi udara. Masyarakat menyadari bahwa sampah tersebut menjadi polusi dan ketua RW pun berharap pemerintah untuk menyediakan tempat sampah sebagai penampungan sampah. Tetapi sampai saat ini belum ada tindakan nyata dari pemerintah setempat untuk meyediakan tempat sampah karena birokrasinya berbelit-belit, harus ke Badan Lingkungan Hidup, dsb.

img-20170218-wa0009

Di kawasan ini terdapat pabrik tahu kecil-kecilan, dan limbah dibuang ke kolam. Dan air itu menyerap ke sumur-sumur warga, sehingga warga sekitar selalu membeli air untuk dikonsumsi. Dan peserta KKN akan mengambil permasalahan ini untuk diselesaikan bersama-sama. Ketua RW mengharapkan dari peserta KKN untuk memberikan solusi kepada warga tersebut karena peserta KKN dapat berseikap netral dan bijak dalam menyelesaikan kendala ini. Untuk kendala selanjutnya di RW ini yaitu mengenai penerangan jalan umum. RW ini dapat disebut sebagai pusat pemerintahan di Desa karena jalan-jalan di desa ini terlihat gelap.

Mayoritas masyarakat di daerah ini 95% bekerja sebagai buruh tani, sisanya sebagai pekerja serabutan. Untuk kegiatan yang berjalan bagi anak-anak kecil yaitu pengajian di madrasah. Di RW ini mendapat juara pertama seabagi RW Siaga di Kota Banjar, dan akan dilanjutkan ke tingkat provinsi tapi belum ada kabar keberlanjutannya.

Karena mayoritas masyarakat di kawasan ini bekerja sebagai petani, jadi keunggulannya pun dari hasil tani tersebut yaitu padi. Untuk tahun kemarin papaya sebagai unggulan dari kawasan ini, hanya saja untuk sekarang pepaya harganya melonjak tinggi dikarenakan hama yang menyerang tumbuhan tersebut. Untuk potensi tambahan disini ada yang bekerja membuat dodol papaya karena disini terdapat banyak kebut papaya hanya saja tidak terlalu berkembang. Yang berkembang yaitu dari KWT (Kelompok Wanita Tani).

Penduduk di RW 07 100% Muslim dan untuk penduduk disini pemuda terbilang sedikit dan itu pun bekerja sebagai buruh tani. Dan Alhamdulillah untuk pengonsumsi narkoba tidak ada, tetapi untuk konsumsi minum-minuman keras masih ada. Untuk pengajian ibu-ibu masih berjalan rutin, hanya untuk pengajian bapak-bapak belum berjalan kembali sejak bulan ramadhan tahun lalu. Di RW 07 ini terdapat penyandang disabilitas berupa Tuna Wicara dan masih lajang.

Penulis: Anisa Fuji Aulia (Kelompok 315)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s