Sipro Kelompok 095

Sinergi Program Kelompok 095

Sinergi Program adalah salahsatu siklus yang harus diselesaikan oleh peserta KKN SISDAMAS 2017. Dalam sinergi program mahasiswa melakukan diskusi atau rapat dengan pihak desa, tokoh masyarakat, para pengusaha dan lainnya. Kemudian mahasiswa membahas hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan parsitipatif yang akan dilaksanakan pada tahap selanjutnya.

Produksi batu bata merah memerlukan program yang membentuk organisasi masyarakat bagi kelompok para pengusaha batu bata merah. Untuk pelaksanaan program tersebut peserta KKN melakukan diskusi dengan aparatur desa, ketua RW, pengepul, dan para pengusaha batu bata merah. Mahasiswa sebagai fasilisator mengusulkan untuk membentuk organisasi masyarakat untuk para pengepul. Hasil dari diskusi tersebut aparatur desa, ketua RW dan pengepul merasa keberatan.

Pelaksanaan Sinergi program dalam bidang pertanian mengenai pepaya California, mahasiswa melakukan diskusi dengan pencetus pertama pepaya California di desa sinartanjung yaitu bapak Suwarman. Dalam diskusi tersebut terdapat usulan yang disesuaikan dengan konsdisi harga pasar dan kualitas pepaya California saat ini, usulannya adalah mencari penghasilan sampingan dari pertanian lain dengan cara tumpang sari. Hasil diskusi ini dilanjutkan pada pelaksanaan program.

Penulis : Kelompok 095

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s