Lebih Baik Shalat dari pada Tidur

p_20170210_043910

p_20170210_044604

p_20170210_044538

Masjid merupakan sebaik-baik tempat di muka bumi ini. Di sanalah tempat peribadatan seorang hamba kepada Allah, memurnikan ibadahnya hanya untuk Allah semata. Dari sanalah titik pangkal penyebaran tauhid. Allah telah memuliakan masjid-masjid-Nya dengan tauhid. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. (QS. Al Jin: 18)

Tidak ada tempat yang lebih baik dari pada masjid Allah di muka bumi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tempat yang paling dicintai oleh Allah dalam suatu negeri adalah masjid-masjidnya dan tempat yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu ketika pernah ditanya, “Tempat apakah yang paling baik, dan tempat apakah yang paling buruk?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Akutidak mengetahuinya, dan Aku bertanya kepada Jibril tentang pertanyaan tadi, dia pun tidak mengetahuinya. Dan Aku bertanya kepada Mikail dan diapun menjawab: Sebaik-baik tempat adalah masjid dan seburuk-buruk tempat adalah pasar”. (Shohih Ibnu Hibban)

Masjid adalah pasar akhirat, tempat bertransaksinya seorang hamba dengan Allah. Di mana Allah telah menawarkan balasan surga dan berbagai kenikmatan di dalamnya bagi mereka yang sukses dalam transaksinya dengan Allah.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu mengatakan,“Masjid adalah rumah Allah di muka bumi, yang akan menyinari para penduduk langit, sebagaimana bintang-bintang di langit yang menyinari penduduk bumi”

Di antara ibadah yang sangat agung kepada Allah ta’ala adalah memakmurkan masjid Allah, yaitu dengan cara mengisinya dengan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bentuk memakmurkan masjid bisa pemakmuran secara lahir maupun batin. Secara batin, yaitu memakmurkan masjid dengan sholat jama’ah, tilawah Al quran, dzikir yang syar’i, belajar dan mengajarkan ilmu agama, kajian-kajian ilmu dan berbagai ibadah yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berlandaskan Surat Edaran No. 451/142/Kesos tentang gerakan subuh berjamaah (GSB) , yang dikeluarkan oleh Walikota Banjar yakni DR. Hj. Ade UU Sukaesih, M.Si. Sejak tanggal 1 Februari 2017 setiap desa atau lurah kota banjar harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Menghidupkan masjid/langgar/mushola dengan melaksanakan shalat subuh berjamaah;
  2. Mengajak dan menggerakan masyarakat untuk memakmurkan masjid/langgar/mushola dengan cara menghidupkan shalat berjamaah di masjid/langgar/mushola;
  3. Melaksanakan surat edaran ini dengan menggerakan pegawai/anggota atau ormas yang berada pembinaan saudara;
  4. Melakukan pemantauan, monitoring dan evaluasi ke masjid/langgar/mushola dalam melaksanakan Gerakan Subuh Berjamaah;
  5. Melaksanakan surat edaran ini dengan penuh tanggung jawab.

Sehubungan dengan terlaksananya KKN SISDAMAS yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian, pendidikan dan pemberdayaan. dalam hal ini peserta KKN SISDAMAS 2017 yang bertempat di Desa Sinartanjung Kecamatan Pataruman Kota Banjar harus mengikuti peraturan yang ada di tempat tersebut, salahsatunya peraturan daerah tentang gerakan shalat subuh berjamaah.

Setelah melakukan sosialisasi warga, sebagai acara peresmian dalam permintaan dan penerimaan peserta KKN SISDAMAS. maka secara otomatis masyarakat mempunyai komitmen untuk ikut andil dalam pelaksanaannya. begitupun peserta KKN harus berkomitmen dengan mengikuti peraturan yang ada di Kota Banjar. salahsatu nya adalah dengan mengikuti peraturan daerah tentang Surat Edaran No. 451/142/Kesos tentang gerakan subuh berjamaah (GSB).

Penulis: Mulki Muhammad Rifa’

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s