Pemetaan Sosial Kelompok 095

Pemetaan Sosial RW 05

Potensi Kebutuhan Potensi Masalah Kebutuhan Masalah
Batu Bata Merah – Tanah Liat –  Asap – Penyusulan tentang bahaya asap
– Pasir – Bahan Baku – Solusi Bahan Baku untuk jangka panjang
– Kayu Bakar/Merang
– Peralatan/alat cetak

peso

Batu Bata Merah

Dari hasil transect dan refleksi sosial yang telah dilakukan oleh kelompok 095 dapat disimpulkan bahwa potensi yang dimiiki oleh RW 05 desa Sinartanjung adalah pembuatan batu bata merah. Potensi pembuatan batu bata merah dapat dilakukan dengan pemberdayaan oleh peserta KKN SISDAMAS 2017. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam menyampaikan aspirasi masyarakat terkait potensi yang ada di desa Sinartanjung.

Batu bata merah merupakan salah satu pencaharian masyarakat desa Sinartanjung. Kebanyakan warga yang melakukan usaha ini karena merupakan usaha turun menurun. Pembuatan batu bata merah dilakukan melalui beberapa proses produksi. Adapun yang berkaitan dengan proses produksi tersebut antara lain biaya modal, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan lain-lain.

Warga yang membuka usaha produksi batu bata merah mengeluarkan modal awal senilai Rp. 5.000.000,-. Modal awal tersebut digunakan untuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan peralatan. Pembelian bahan baku berupa tanah liat seharga Rp. 50.000,- s/d Rp. 65.000,- per mobil bak terbuka. Untuk setiap bahan baku per mobil tersebut dapat menghasilkan 700-1000 buah bata. Pembuatan bata dapat dilakukan dengan cara manual dan mesin cetak (press). Adapun ukuran yang digunakan untuk pembuatan bata manual adalah 12×25 cm dan 12,5×25 cm sedangkan untuk pembuatan dengan mesin menggunakan ukuran 10×20 cm.

Peralatan yang digunakan diantaranya adalah mesin penggiling tanah (mesin molen) untuk menghaluskan tanah liat, cangkul untuk mengaduk dan mencampurkan tanah liat dengan abu merang, alat cetak, dan lain-lain. Untuk proses produksi diawali dengan pencampuran tanah liat dengan abu merang. Abu merang berfungsi sebagai perekat tanah agar tidak pecah-pecah untuk hasil akhirnya. Dalam proses mencetaknya menggunakan lempung atau pasir halus agar bata dapat dilepaskan dari alat cetaknya. Selanjutnya tanah dicetak menggunakan alat cetak dan didiamkan beberapa hari hingga mengeras. Biaya yang dikeluarkan untuk upah tenaga kerja percetakan bata adalah Rp. 40,- per satuan bata.

Proses selanjutnya adalah merapihkan hasil cetakan atau yang yang biasa disebut dengan ngaluluh oleh warga setempat. Biaya tenaga kerja untuk merapihkan hasil cetakan adalah Rp. 35,- per satuan bata. Setelah dirapihkan kemudian bata disusun dengan upah tenaga kerja senilai Rp. 40,- per satuan bata. Untuk proses pembakaran, bata diangkut ke tempat pembakaran dengan upah tenaga kerja senilai Rp. 15,- per satuan bata. Apabila bata sudah sampai di tempat pembakaran, penyusunan dan pengangkutan setelah di bakar mengeluarkan upah tenaga kerja senilai Rp. 35,- per satuan bata. Biaya yang dikeluarkan untuk pembakaran adalah Rp. 20,- per satuan bata dan upah tenaga kerja untuk yang melakukan pembakaran adalah senilai Rp. 35,- per satuan bata. Secara keseluruhan, biaya produksi yang dikeluarkan untuk proses produksi adalah seharga Rp. 297,-.

Untuk harga jual yang ditetapkan oleh pemilik bata adalah senilai Rp. 700,- s/d Rp. 750,-. Maka keuntungan yang bisa didapatkan adalah sekitar Rp. 400,-, keuntungan ini belum termasuk biaya pemasaran atau distribusi. Pemasaran dilakukan secara langsung kepada masyarakat ataupun ke tengkulak. Pemasaran terjauh yang dilakukan adalah ke daerah Tasik. Bata yang dibuat di desa Sinartanjung disebut bata Pananjung. Dari potensi yang tersedia, batu bata merah memberikan keuntungan yang cukup sebagai mata pencaharian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, di sisi lain produksi batu bata tersebut menimbulkan suatu permasalahan berupa polusi udara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s